Bersama Wujudkan Indonesia Sehat Tanpa Rokok!

Teringat sebuah fenomena yang menarik, cobalah sekali-kali anda perhatikan jalan yang anda lewati sehari-hari, lihat di setiap pinggir jalan (jalan raya maupun gang kecil), anda akan melihat begitu banyak puntung rokok berserakan di sana! Bayangkan seandainya seseorang memungut dan mengumpulkan semua puntung rokok itu, maka dia akan terkejut, ternyata begitu besar konsumsi rokok di negeri ini!

Begitulah, menurut data Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lembaga kesehatan dunia (WHO), jumlah perokok di Indonesia menempati peringkat ke-3 di dunia, lebih dari 80 juta penduduk Indonesia merokok. Kematian akibat merokok di Indonesia mencapai 427.948 orang setiap tahunnya atau 1172 perhari. Dan sebagian besar di antaranya adalah usia produktif.

Dibandingkan negara lain, kebijakan anti rokok di Indonesia masih jauh tertinggal. Padahal rokok sudah jelas-jelas diketahui berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. India merupakan salah satu negara yang berhasil menetapkan larangan ketat tentang merokok. Di India, Undang-undang regulasi tembakau sudah disahkan sejak tahun 2003. Undang-undang ini melarang perokok untuk merokok di tempat umum, melarang penayangan iklan rokok di media massa, melarang penjualan rokok di sekitar sekolah, juga melarang menjual rokok untuk anak berusia di bawah 18 tahun.

Besarnya jumlah konsumsi rokok serta minimnya regulasi yang mengatur tentang rokok menjadikan perusahaan rokok internasional beramai-ramai memasarkan produknya di Indonesia. Perusahaan rokok memiliki strategi jitu untuk menarik massa. Mulai dari menyeponsori acara musik, olahraga, hingga memberikan beasiswa pendidikan. Salah satu jurus jitunya adalah dengan mengatasnamakan industrinya melindungi petani tembakau.

Akibatnya pemenuhan hak kesehatan masyarakat semakin rendah. Masyarakat dikepung oleh asap rokok setiap harinya. Mulai dari anak-anak, remaja, wanita, ibu hamil, hingga lansia terancam kesehatannya.

Saya memimpikan agar bukan hanya lingkungan institusi kesehatan saja yang bebas dari asap rokok, akan tetapi juga seluruh lingkungan institusi pendidikan (mulai dari SD hingga PT) di Indonesia bebas dari asap rokok. Dengan demikian, pelajar dan mahasiswa akan terdidik untuk tidak merokok. Bahkan kalau perlu terdapat duta-duta anti merokok di tiap-tiap kampus.

Berbagai hal dapat dilakukan untuk meretas solusi terhadap permasalahan rokok tersebut. Mulai dengan kegiatan-kegiatan penyadaran dan pembinaan terhadap masyarakat mengenai dampak rokok, peduli dan tanggap terhadap permasalahan-permasalahan mengenai rokok, serta ikut mengawasi dan mengawal berbagai kebijakan pengendalian konsumsi tembakau dan rokok.

Semua itu merupakan upaya untuk ikut serta berperan aktif, bersama-sama mewujudkan indonesia sehat tanpa rokok. Semoga!

2 thoughts on “Bersama Wujudkan Indonesia Sehat Tanpa Rokok!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s