Celotehan Masalah Tawuran Pelajar

Akhir-akhir ini kembali marak pemberitaan media mengenai TAWURAN antar pelajar. Terutama setelah peristiwa tersebut merenggut korban jiwa. Sungguh miris, melihat dan mendengar di layar-layar televisi atas yang terjadi dengan para pelajar kita. Permasalahan moral yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan saya pun jadi ingin sedikit berceloteh mengenai hal ini.

TAWURAN terjadi karena pelajar-pelajar kita lebih banyak tertekan secara mental dan psikis. Mulai dari kondisi keluarga yang runyamlah, proses pendidikan karakter di dalam keluarga yang kurang lah, tekanan harus mendapatkan nilai yang tinggi di sekolah lah, serta tekanan-tekanan lainnya yang mebuat mental mereka menjadi goyah.

Janganlah terlalu banyak menyalahkan mereka yang menjadi korban sistem pendidikan kita. Apalagi solusi yang dijalankan pihak sekolah maupun polisi hanyalah bersifat hal-hal material saja, seperti pemasangan CCTV, RAZIA PELAJAR dll, seolah-olah mereka adalah penjahat, padahal mereka hanyalah PELAJAR, yg harus kita didik bersama-sama.

Pencegahan-pencegahan yang sifatnya material menurut saya malah akan menimbulkan banyak masalah, karena jika itu benar-benar diterapkan, yang ada dalam benak mereka (pelajar) hanyalah, bahwa mereka merasa terkekang, dan bagaimana caranya untuk memberontak dari permasalahan-permasalahan yg menjangkiti mereka.

Seperti itulah darah muda yg bergejolak dalam diri mereka. Yang perlu kita lakukan adalah bagaimana caranya untuk membuat sebanyak mungkin sarana-sarana agar energi-energi besar para remaja dan pemuda itu dapat disalurkan untuk hal-hal yang positif.

Sekali lagi, ini adalah bukti akumulasi permasalahan sistem pendidikan kita.

-ail-

 

 

 

One thought on “Celotehan Masalah Tawuran Pelajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s